Konsep
Multiple Intelegensi (MI), menurut Gardner (1983) dalam bukunya Frame of
Mind: The Theory of Multiple intelegences, ada delapan jenis kecerdasan yang
dimiliki setiap individu yaitu linguistik,
matematis-logis, spasial, kinestetik-jasmani, musikal, interpersonal,
intrapersonal, dan naturalis. Melalui delapan jenis kecerdasan ini, setiap
individu mengakses informasi yang akan masuk ke dalam dirinya.
Karena itu Amstrong (2002) menyebutkan,
kecerdasan tersebut merupakan modalitas untuk melejitkan kemampuan setiap siswa
dan menjadikan mereka sebagai sang juara, karena pada dasarnya setiap anak
cerdas. Sebelum menerapkan MI sebagai suatu strategi dalam pengembangan potensi
seseorang, perlu kita kenali atau pahami ciri-ciri yang dimiliki seseorang.
1. Kecerdasan Linguistik, umumnya memiliki ciri antara lain
1. Kecerdasan Linguistik, umumnya memiliki ciri antara lain
a) suka menulis kreatif,
b) suka mengarang kisah khayal atau menceritakan
lelucon,
c) sangat hafal nama, tempat, tanggal atau
hal-hal kecil,
d) membaca di waktu senggang,
e) mengeja kata dengan tepat dan mudah,
f) suka mengisi teka-teki silang, (f) menikmati
dengan cara mendengarkan,
g) Tunggul dalam mata pelajaran bahasa (membaca,
menulis dan berkomunikasi)
2.
Kecerdasan Matematika-Logis, cirinya antara lain:
a. menghitung problem aritmatika dengan cepat di
luar kepala,
b. suka mengajukan pertanyaan yang sifatnya
analisis, misalnya mengapa hujan turun?,
c. ahli dalam permainan catur, halma dsb,
d. mampu menjelaskan masalah secara logis,
e. suka merancang eksperimen untuk membuktikan
sesuatu,
f. menghabiskan waktu dengan permainan logika
seperti teka-teki, berprestasi dalam Matematika
dan IPA.
3.
Kecerdasan Spasial
dicirikan antara lain:
a. memberikan gambaran visual yang jelas ketika
menjelaskan sesuatu,
b. mudah membaca peta atau diagram,
c. menggambar sosok orang atau benda persis
aslinya,
d. senang melihat film, slide, foto, atau karya
seni lainnya,
e. sangat menikmati kegiatan visual, seperti
teka-teki atau sejenisnya,
f. suka melamun dan berfantasi,
g. mencoret-coret di atas kertas atau buku tugas
sekolah,
h. lebih memahamai informasi lewat gambar
daripada kata-kata atau uraian,
i. menonjol dalam mata pelajaran seni.
4.
Kecerdasan Kinestetik-Jasmani, memiliki ciri:
a. banyak bergerak ketika duduk atau
mendengarkan sesuatu,
b. aktif dalam kegiatan fisik seperti berenang,
bersepeda, hiking atau skateboard,
c. perlu menyentuh sesuatu yang sedang
dipelajarinya,
d. menikmati kegiatan melompat, lari, gulat atau
kegiatan fisik lainnya,
e. memperlihatkan keterampilan dalam bidang
kerajinan tangan seperti mengukir, menjahit, memahat,
f. andai menirukan gerakan, kebiasaan atau
prilaku orang lain,
g. bereaksi secara fisik terhadap jawaban
masalah yang dihadapinya,
h. suka membongkar berbagai benda kemudian
menyusunnya lagi,
i. berprestasi dalam mata pelajaran olahraga dan
yang bersifat kompetitif.
5.
Kecerdasan Musikal
memiliki ciri antara lain:
a. suka memainkan alat musik di rumah atau di
sekolah,
b. mudah mengingat melodi suatu lagu,
c. lebih bisa belajar dengan iringan musik,
d. bernyanyi atau bersenandung untuk diri
sendiri atau orang lain,
e. mudah mengikuti irama musik,
f. mempunyai suara bagus untuk bernyanyi,
g. berprestasi bagus dalam mata pelajaran musik.
6.
Kecerdasan Interpersonal memiliki
ciri antara lain:
a. mempunyai banyak teman,
b. suka bersosialisasi di sekolah atau di
lingkungan tempat tinggalnya,
c. banyak terlibat dalam kegiatan kelompok di
luar jam sekolah,
d. berperan sebagai penengah ketika terjadi
konflik antartemannya,
e. berempati besar terhadap perasaan atau
penderitaan orang lain,
f. sangat menikmati pekerjaan mengajari orang
lain,
g. berbakat menjadi pemimpin dan berperestasi
dalam mata pelajaran ilmu sosial.
7.
Kecerdasan Intrapersonal
memiliki ciri antara lain:
a. memperlihatkan sikap independen dan kemauan
kuat,
b. bekerja atau belajar dengan baik seorang
diri,
c. memiliki rasa percaya diri yang tinggi,
d. banyak belajar dari kesalahan masa lalu,
e. berpikir fokus dan terarah pada pencapaian
tujuan,
f. banyak terlibat dalam hobi atau proyek yang
dikerjakan sendiri.
8.
Kecerdasan Naturalis,
memiliki ciri antara lain:
a. suka dan akrab pada berbagai hewan
peliharaan,
b. sangat menikmati berjalan-jalan di alam
terbuka,
c. suka berkebun atau dekat dengan taman dan memelihara binatang,
d. menghabiskan waktu di dekat akuarium atau
sistem kehidupan alam,
e. suka membawa pulang serangga, daun bunga atau benda alam lainnya,
f. berprestasi dalam mata pelajaran IPA, Biologi,
dan lingkungan hidup
Keunikan
yang dikemukakan Gardner adalah, setiap kecerdasan dalam upaya mengelola
informasi bekerja secara spasial dalam sistem otak manusia. Tetapi pada saat
mengeluarkannya, ke delapan jenis kecerdasan itu bekerjasama untuk menghasilkan
informasi sesuai yang dibutuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar